Wednesday, February 29, 2012

Inilah Pembersih Jiwa

Publish: "Wednesday, February 29, 2012",

Rosulullah SAW Bersabda, Demi Allah, bukan kemiskinan yang aku takutkan dari kalian, yang lebih aku takutkan dari kalian adalah apabila kekayan materi dunia dihamparkan, sebagaimana dulu pernah dihamparkan kepada umat sebelum kalian, lalu kalian berlomba dan berebut untuk mendapatkannya, kemudian kalian hancur, sbagaiamana mereka hancur. (HR. Bukhari Muslim)

Kehancuran itu berawa...l dari hati yang dikotori penyakit berberbahaya karena ketergantungan kepada dunia. Barisan umat yang semula kuat menjadi berantakan, sikap saling percaya hilang, terjadi pertentangan dari semua lini, baik dalam organisasi maupun individunya

Meletakkan dunia pada posisi yang tidak sebenarnya, sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah. Dunia tidaklah seperti yang disangkakan oleh banyak orang, yang identik dengan dinar, dirham, rupiah, dolar, tanah dan lahan-lahan investasi lainnya, adakalanya dunia dibutuhkan untuk keperluan dalam rangka menggapai bekal kita diakhirat, namun dunia ini adalah syahwat nafsu manusia atas kedudukan, kebesaran, kesombongan dan gambaran-gambaran nikmat duniawi yang terlahir, hingga dampaknya korupsi terus-menerus tanpa ada efek jera kepada pelakunya padahal sekolahnya pada tinggi, dan hidupnya berkecukupan, aneh bukan ?, begitulah..

Dunia hanyalah sebagai bahan ujian, agar manusia melampauinya, berlepas dari jeratannya, kemudian mendudukkannya sebagai sarana untuk menggapai ridha-Nya.

Hati dibiarkan yang menggantung kepada dunia, tertawan dan tidak mampu berlepas dari ikatannya, tidak berusaha untuk melawannya, maka hati itu akan terinfeksi oleh penyakit-penyakit hati yang berbahaya bagi kemajuan umat. Hati menjadi kotor oleh kesombongan, riya, ujub, dengki, permusuhan, kikir, zuhud terhadap akhirat dan balasannya.

Sedekah, Zakat sebagai penyuci jiwa, hakikatnya melatih jiwa agar terlepas dari ketamakan, bila jiwa bersih maka Allah memberikan reward kebaikan dunia dan terlebih lagi akhirat. At-Takatsur sebuah surah khusus peringatan bagi mereka penumpuk harta, walau dari jalan halal sekalipun, bila ditumpuk terus bakalan membawa jiwa kepada kecintaan dunia yang berlebihan.

Semoga Allah memberikan kita jiwa yang bersih, dan selalu memberikan kita semangat dalam beramal shaleh sebagai latihan menempa jiwa, kita berlindung kpd Allah dari jiwa yang tamak, sehingga kita bisa mencapai jalan kebenaran menuju keredhoan-Nya, Amin Yaa Robbal 'alamiin. Al Fatihah.

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Inilah Pembersih Jiwa ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Wednesday, February 29, 2012. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

0 comments:

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...