Friday, June 15, 2012

Wisata Air Merambat Roro Kuning Bajulan

Publish: "Friday, June 15, 2012",

Kabupaten Nganjuk memiliki potensi pariwisata alam yang cukup menarik dan patut dikunjungi oleh wisatawan, seperti contohnya yang terkenal yaitu daerah wisata Air Terjun Sedudo dan Roro Kuning. Kedua daerah pariwisata tersebut terletak di Gunung Wilis. Nah, disini saya akan lebih memfokuskan membahas daerah wisata Roro Kuning.
Air Merambat Roro Kuning
Letak daerah wisata Roro Kuning sekitar 20 Km atau 1 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Nganjuk. Letaknya yang berada di sekitar lereng Gunung Wilis membuat suasana perjalanan jadi begitu mengasyikkan karena kita akan disuguhi secara langsung pemandangan rumah-rumah, sawah-sawah, hutan, dan tidak lupa perubahan suhu yang lama-lama menjadi dingin.

Sebelumnya daerah Roro Kuning yang terletak di Desa Bajulan – Kecamatan Loceret ini tidak dikelola dengan baik dan dibiarkan  begitu saja.  Saya sendiri yang pernah berkemah semasa SMA karena ada program dari salah satu ekstrakuler di sekolah sekitar tahun 2002-an. Teringat suasana yang asri, hutan yang hijau lebat, dengan ditemani air terjun dan sungai kecil yang airnya cukup dingin dan jernih.
Sekarang daerah wisata Roro Kuning ini telah berubah drastis karena telah dikelola dengan baik oleh pemerintah Kabupaten Nganjuk dan bahkan sekarang menjadi salah satu ikon kota ini. Saya sendiri sampai-sampai merasa agak asing setelah berada di lokasi. Kalau dulu sebelum dikelola pemerintah kita hanya bisa menikmati lebatnya hutan dan air terjun beserta aliran sungai kecilnya. namun sekarang lokasi wisata ini telah dibangun area parkir yang cukup luas, fasilitas outbond, kios-kios warung, patung seorang putri, kolam renang, area hiburan, aula singgah yang cukup besar, dan ada ruang terbuka yang terdapat banyak hewan kijang. Tentu saja dengan dibukanya lokasi wisata ini menambah pendapatan daerah dan juga membantu membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. Apalagi setiap akhir pekan Roro Kuning cukup ramai dikunjungi wisatawan-wisatawan lokal. Terkadang disini juga disuguhi hiburan musik oleh artis-artis lokal, sehingga menambah semaraknya daerah wisata ini.
Roro Kuning

Keunikan daerah wisata Roro Kuning adalah bagaimana pengelolanya berhasil menyatukan wisata alam dengan wisata hiburan. Wisatawan yang datang kemari tidak hanya disuguhi indahnya pemandangan hutan dan air terjun, tetapi juga adanya hiburan musik, taman bermain, sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga maupun penikmat wisata alam tanpa harus mengalami kebosanan. Apalagi ada taman bermain dan kolam renang yang cukup diminati oleh anak-anak sehingga saya beranggapan Roro kuning merupakan daerah wisata yang lengkap untuk semua umur.
Saya sendiri telah dua kali berkunjung ke daerah wisata tersebut. Pada kunjungan pertama yaitu setahun setelah lokasi ini dibuka dan yang kedua setelah saya baru menikah. Memang ada beberapa perubahan, karena beberapa waktu lalu pernah terkena banjir yang merusak beberapa fasilitas di Roro Kuning, namun tidak sampai rusak parah. Mungkin ini juga harus jadi tugas pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nganjuk untuk tetap menjaga kelestarian alam dan menanggulangi penebangan pohon secara liar di sekitar gunung Wilis oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.
Demikian yang bisa saya bagi ke kawan-kawan. Kalau kawan-kawan berada di Nganjuk jangan lupa singgah ke Roro Kuning.  Apalagi buat yang ingin memperoleh suasana romantis seperti kunjungan saya dan istri, wah sangat cocok berkunjung kemari. Bravo Kota Nganjuk!

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Wisata Air Merambat Roro Kuning Bajulan ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Friday, June 15, 2012. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

0 comments:

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...