Sunday, March 23, 2014

Tips dan Trik Hadapi UN (SD, SMP, SMA)

Publish: "Sunday, March 23, 2014",

1. Siapin mental kamu
Secerdas apapun kamu, jika memiliki sikap mental yang negatif, sulit deh, buat kamu ngeraih yang namanya sukses. Misalnya, sebut saja Fathan. Dia sebenarnya pintar, tapi gampang panik. Pernah ia ngadepin lembar-lembar tes, sebenarnya asal nyabar dikit saja, ia bisa menyelesaikan soal-soal. But, melihat temannya satu persatu keluar kelas, pikirannya jadi kacau-balau.
Diantara sikap mental negatif yg lain adalah: minder, gampang panik, nggak sabaran & menyerah sebelum bertanding alias putus asa. “Yah, ngapain capek-capek belajar, emang gue bodoh bin idiot. Nggak lulus, bukan berarti kiamat kan?” Kalau kamu udah kepikiran seperti itu, tanpa ujianpun, 99,9% kamu udah dijamin nggak lulus.
Nah, bangunlah sikap percaya dirimu, yakin kamu pasti akan lulus. Jika kamu berusaha keras menyiapkan diri sebaik-baiknya, belajar dengan serius, bukan hanya sekedar lulus, bahkan peringkat bintang pun bisa kamu gaet.

2. Rajin memotivasi diri
Motivasi yg paling baik sebenarnya justru yg berasal dari kamu sendiri. Bermimpilah setinggi mungkin. Berawal dari mimpi itulah kamu akan terdorong untuk mewujudkannya. Tulislah mimpimu besar-besar kalau perlu tempel agar setiap kamu melihatnya, hatimu kan bergetar.
Motivasi juga akan sangat dipengaruhi oleh visi & misi. Visi adalah apa yang kamu inginkan terjadi pada dirimu dimasa yang akan datang. Sedangkan misi adalah apa-apa yang harus kamu lakukan buat mewujudkan mimpi-mimpi besarmu itu.

3. Menetapkan target
Dengan target kamu akan bekerja denga penuh semangat. Target juga alat yang efektif untuk mengusir rasa malas, bosan, bete, jenuh & seabrek pemikirian negatif lainnya.
Akan tetapi, target haruslah realistis. Misalnya, kamu nggak terlalu doyan sama matematika, nggak usah matok target dapat nilai 100. Karena hanya berbuah kecewa rasa masam plus berkerut. Kamu bisa mengukur target berdasarkan kemampuan yang kamu miliki.

4. Kurangi kebiasaan nggak produktif
Pengen sukses kan ujian? Tiada kesuksesan tanpa perjuangan dan tiada perjuangan tanpa pengorbanan. Salah satunya rela ngorbanin kebiasaan-kebiasaan yang ngga produktif yang semuanya membuang-buang waktu & stamina.
So, jika kamu senang banget nonton TV, nongkrong di playstation, internetan, dll, sebaiknya pas menjelang ujian, hindari dulu deh

5. Sediakan waktu yang cukup untuk belajar
Semakin kamu serius belajar, rasa bahwa kamu belum tahu apa-apa ternyata semakian besar. Banyak hal yang menarik jika kamu benar-benar memahami sebuah permasalahan. Belajar jadi terasa mengasyikkan. Malah jadi satu hobi yg menyenangkan.
Jangan ngandalin SKS (Sistem Kebut Semalam), karena hanya mendatangkan kegugupan dibanding secara rutin belajar. Belajar secara rutin akan membuat hafalan atau pengetahuan melekat pada dirimu & lebih adem menetap di otak.

6. Rajin membaca
Aktivitas belajar yg paling utama adalah membaca. Temukan cara melahap buku yang nyaman. Misalnya inner journey, mengaitkan apa yg sedang kamu baca dengan hal-hal yang terjadi. Misalnya saja kamu sedang membaca teori tentang gempa bumi. Kamu bisa menghubungkannya dengan kejadian gempa yang baru ini terjadi. Membaca kayak gitu, bikin enjoy, nggak bosan, eh… sudah selesai.

7. Bikin catatan yang menarik
Maksudnya buat ringkasan materi yang cantik. Biar kamu nggak sibuk lagi berkutat dengan buku yg tebal-tebal itu, catatan ringkas akan mempermudah kamu untuk menemukan inti atau pokok-pokok materi setiap pelajaran.

8. Temukan gaya belajar kamu
Beda orang, beda karakter, beda kebiasaan & tentunya nggak semua sama cara belajarnya.
O’ya soal belajar ini sebenarnya ada 4 tipe. Pertama, visual learner, kalo kamu tipe pembelajar yang seperti ini, tepat banget jika kamu tempel-tempel poster, atau ilustrasi-ilustrasi yang mendukung kamu belajar. Kedua, disebut auditory learner. Kalo kamu punya perekam, selain mencatat pelajaran, kamu bisa merekam guru kamu pas mengajar. Ketiga, gaya belajar yang disertai dengan gerakan, perabaan, atau sensasi fisik lainnya. Ini disebut kinesthetic learner. Keempat, orang yang suka pake analogi-analogi dalam mempelajari sesuatu dosebut logical learner.

9. Saatnya ujian…!!!
Ada baiknya saat ini hindari belajar teralalu tegang. Rilekslah.
Kamu kan udah belajar. Usahakan hadir lebih awal untuk menghindari segala kemungkinan. Setiba disana jangan mendekat dengan teman-teman. Tunggulah dengan tenang sambil berpikir positif. Berpikir positif dengan menyingkirkan segala pikiran tentang kelemahan-kelemahan apalagi hal-hal yang tidak kamu ketahui dengan jelas.

10. Berdoa
Tuhan yg menciptakan kita, semuanya adalah milik-Nya, kesanggupan kita melangkah, pendengaran apalagi kecerdasan ada dalam pengawasan dan kendalinya. Maka bermohonlah kepada-NYa.

”Keep spirit dan semoga sukses ujiannya”

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Tips dan Trik Hadapi UN (SD, SMP, SMA) ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Sunday, March 23, 2014. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

0 comments:

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...