Sunday, April 29, 2012

Himah dalam Khusyu shalat

Publish: "Sunday, April 29, 2012",

HIKMAH DALAM KHUSYU SHALAT - Allah SWT Berfirman : Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya [Al-Mukminun : 1-2] Khusyu yang terdapat dalam hati tidak lain dihasilkan dari marifah (Mengenal Ilmu hasil rajinnya ia belajar ilmu Al Islam) tentang Allah Azza wa Jalla dan marifah menghayati tentang kebesaran beserta keagungan-Nya, beserta hakika...t tujuan kehidupan untuk mengabdi penuh kepada-Nya, karena kehidupan ini adalah amanah yang besar yang kelak akan dimintai pertanggungan jawab.

Barangsiapa yang semakin mengenal Islam dan berilmu tentang Allah, maka dia makin khusyu terhadap-Nya. Di antara sebab terbesar tercapainya khusyu adalah mentadabburi Kalamullah.

Allah SWT berfirman yang artinya : Sesungguhnya orang-orang yang diberi ilmu sebelumnya apabila Al-Quran dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas wajah mereka sambil bersujud, seraya mereka berkata: Maha Suci Rabb kami, sesungguhnya janji Rabb kami pasti dipenuhi. Dan mereka menyungkur atas wajah mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu [Al-Isra: 107-109]

Menangis karena takut Allah, terbawa kepada khusyu dalam shalat merupakan ruh ibadah shalat tersebut yang mewarnai kehidupannya. Dari takbir, untuk memulai setiap gerakan shalat beneran dihayati bagaimana Allah besar dalam hati dan prilaku yang tunduk. Allah SWT telah menyifati para rasul-Nya dan para hamba-Nya yang shalihin dengan sifat tersebut (khusyu).

Tanda-tanda khusyu terlihat dari mereka yang bersegera melakukan amal shaleh, sesuai yang dicontohkan Nabi-Nabi dan shahabatnya yang merupakan contoh kebenaran mutlak dalam melaksanakan Agama Allah ini.

Allah SWT berfirman artinya: Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap dan cemas (Takut kepada Allah), dan mereka adalah orang-orang yang khusyu kepada Kami. [Al-Anbiya : 90]

(Ancaman Bagi yang tidak Khusyu)

Allah SWT berfirman artinya: ..mereka tidak mengerjakan sembahyang, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan. (At-Taubah: 54)

Allah SWT berfirman artinya: Maka celakalah orang-orang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya (Al-Maun: 4-5)

Allah SWT berfirman artinya : Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri malas-malasan, mereka memamerkan ibadahnya kepada banyak orang dan tidak mengingat Allah kecuali sangat sedikit (An-Nisa:142).

(Keuntungan Shalat Khusyu)

Allah SWT berfirman artinya : Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu. (Yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.(Al-Baqarah: 45-46).

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Yaitu) orang-orang yang khusyu dalam sembahyangnya. (Al-Mukminun: 1-2)

(Tanda Khusyu)

Allah SWT berfirman artinya: Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap dan cemas (Takut kepada Allah), dan mereka adalah orang-orang yang khusyu kepada Kami. [Al-Anbiya` : 90]

Mereka Generasi yang Khusyu

(Ali bin Abi Thalib)

Dan adalah Ali bin Abi Thalib, ketika waktu shalat tiba ia begitu terguncang dan wajahnya pucat. Ada yang bertanya, Ada apa dengan dirimu wahai Amirul Mukminin? ia menjawab, Karena waktu amanah telah datang. Amanah yang disampaikan kepada langit, bumi, dan gunung, lalu mereka sanggup memikulnya dan aku sanggup.

(Umar bin Khathab)

Juga diriwayatkan ketika Umar melewati satu ayat (dalam shalat). Ia seolah tercekik oleh ayat itu dan diam di rumah hingga beberapa hari. Orang-orang menjenguknya karenanya mengiranya sedang sakit.

(Masa Depan)

Rasulullah SAW Bersabda artinya : Hal pertama yang diangkat dari ummat ini adalah khusyu sampai-sampai kamu tidak menemukan seorang pun yang khusyu (Thabrani dengan sanad baik dan dinilai shahih oleh Albani)

Karena hasil shalatnya nyaris tidak nampak dalam kehidupan sehari-hari. Hasil shalat kita berbeda jauh dengan Para Nabi dan shahabatnya mengamalkan kehidupan sesuai Agama Allah ini.

Dari Abu Umamah Al Bahili dari Rasulullah ShallallahualaihiWasallam bersabda: Sungguh ikatan Islam akan terurai simpul demi simpul. Setiap satu simpul terurai maka manusia akan bergantungan pada simpul berikutnya. Yang pertama kali terurai adalah masalah hukum syariat Islam dan yang paling akhir adalah sholat. (AHMAD - 21139)

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Himah dalam Khusyu shalat ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Sunday, April 29, 2012. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

0 comments:

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...