Tuesday, August 7, 2012

Inilah Keajaiban Sedekah Tersembunyi

Publish: "Tuesday, August 7, 2012",

 Ada sebuah kisah yang menceritakan bahwa pada zaman dahulu bangsa Israil dilanda peceklik. Banyak orang yang menderita kelaparan. Tidak sedikit pula yang meninggal dunia akibat tidak makan. Namun masih ada orang kaya tapi tak merasa sama sekali terhadap adanya musibah itu. Orang kaya tersebut memiliki seorang anak gadis yang baik hati dan budi pe...
kertinya. Suatu malam gadis itu sedang makan. Tiba-tiba datanglah seorang pengemis yang berdiri di ambang pintu. Berikan aku sedekah semata-mata karena Allah meskipun hanya sepotong roti!. Ucap pengemis itu dengan wajah berseri-seri.

Gadis itu segera beranjak dan menghampirinya. Ia memberikan sepotong roti kepada pengemis itu dengan ikhlas. Senyumnya menandai betapa ia sangat senang memberikan sepotong roti kepada orang yang jauh lebih membutuhkan daripada dirinya. Bersamaan dengan itu, ayahnya yang kikir baru saja datang dari bekerja. Rupanya sang ayah mengetahui perbuatan ankanya yang dianggap sangat keterlaluan. Ia melotot dan memarahi anak gadisnya.

Setelah memarahi habis-habisan, dengan emosi yang tak terkontrol, sang ayah kemudian bergegas pergi ke dapur dan mendapatkan pisau yang tajam. Sebentar saja pisau itu sudah sampai di hadapan anaknya. Dipegangnya tangan kanan anak itu dan dengan serta merta pergelangannya dipotong. Sang ayah rupanya tak mau peduli apakah anaknya akan cacat atau tidak.

Tak lama kemudian usaha orang kaya itu bangkrut. Semakin lama semakin menurun dan akhirnya benar-benar menjadi orang miskin. Hutangnya menjadi banyak dan membebani pikirannya sepanjang hari dan malam. Bekas orang kaya itu jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia. Beberapa waktu setelah itu, istrinya pun meninggal dunia pula.

Kini gadis itu menjadi sebatang kara. Sementara itu, perekonomian di negeri Israil kembali pulih. Orang-orang yang sebelumnya miskin kini menjadi makmur. Dan gadis itu terpaksa menjadi pengemis demi menopang kebutuhan hidupnya.

Suatu ketika ia berdiri di depan rumah bagus dan mewah. Ia berharap pemilik rumah kaya itu memberi sepotong roti atau apa saja yang dapat dimakan untuk mengganjal perutnya.

Sesaat kemudian keluarlah seorang wanita setengah baya dan menghampiri gadis tersebut. Ia memandangi gadis itu dengan penuh simpati. Akhirnya, gadis itu kemudian diambil anak angkat. Wanita pemilik rumah mewah itu diam-diam mempunyai rencana untuk menjodohkannya dengan anak lelakinya yang pergi merantau ke negeri orang dan tak kunjung mengirimkan kabar.

Setelah anaknya pulang, segeralah gadis itu dikawinkan dengannya. Mereka menggelar pesta meriah dan mengundang kenalannya yang rata-rata orang kaya dan pejabat di negeri itu.

Di tengah pesta perkawinan yang digelar, sang pengantin laki-laki merasa kurang senang melihat ulah istrinya yang dianggap kurang sopan, karena makan dengan tangan kiri. Pengantin laki-laki berusaha menegurnya. Tetapi pengantin wanita itu tetap merasa sulit karena selama ini ia menyembunyikan cacat tangannya sehingga tak seorang pun tahu.

Tiba-tiba terdengar suara dari luar, Keluarkanlah tangan kananmu. Sungguh, engkau pernah bersedekah sepotong roti dengan ikhlas karena Allah. Maka tanganmu sempurna kembali seperti semula!

Mendengar suara tersebut, terpaksa pengantin wanita mengeluarkan tangan kanannya. Terjadilah suatu keajaiban: telapak tangannya yang terputus itu berubah seperti sediakala. Pengantin wanita itu sangat heran melihat kejadian yang sangat menakjubkan itu.

Itulah keberuntungan orang yang ikhlas bersedekah, walau hanya sebatas roti. Sungguh balasan Allah jauh lebih besar dari apa yang kita bayangkan. Kedermawanan seorang gadis dalam kisah di atas menunjukkan bahwa sedekah merupakan wujud dari kepedulian sosial yang penting dikedepankan

Petikan didalam kitab Tanbihul Ghafilin dijelaskan juga bahwa sedekah itu tidak hanya membawa keberuntungan di akhirat saja sebentuk keyakinan yang dianggap abstrak oleh kebanyakan orang.

Akan tetapi di dunia pun banyak keberuntungan-keberuntungan yang luar biasa dahsyat.

Karena itu tak heran jika Imam Syafi dalam syairnya berucap:

"Kudermakan apa yang ada, walaupun sepanjang malam aku kelaparan dan dahaga"

Apalagi Ramadhan, didukung oleh energi shaum puasa, keihklasan dan keberkahannya membuat doa mustajab dan Insya Allah lebih naik-senaik2nya, tidak heran Abu Bakar Shiddiq Ra sebaik-baik manusia dari Umat Rosulullah SAW menginfakkan seluruh hartanya sampai Nol di bulan Ramadhan ia berInfaq dijalan Allah saat perang Tabuk

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Inilah Keajaiban Sedekah Tersembunyi ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Tuesday, August 7, 2012. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

1 comments:

yusuf.syarif10@gmail.com said...

Hal : Permohonan Dana Bantuan Beasiswa Perkuliahan
Kepada Yth,
Para Pembaca yang di Rahmati Allah 
Di tempat.
السلام عتيكم ورحمة الله وبركاته
Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah . Shalawat dan salam marilah senantiasa kita limpahkan kepada Nabi besar Muhammad , pembawa dan pemimpin kebenaran bagi umat manusia. Serta sholawat dan salam semoga terlimpahkan kepada para sahabat Nabi  dan orang-orang yang senantiasa istiqomah didalam mengikuti jejak dan sunnah Muhammad .
Alhamdulillah atas karunia dan nikmat Allah  kita dapat meneruskan dakwah dan perjuangan Nabi Muhammad  untuk menyebarkan Islam ke seluruh umat manusia dan ini adalah karunia serta nikmat dari Allah  bahwa kita telah dipercaya oleh Allah  untuk memegang amanah meneruskan perjuangan Nabi .
Saya adalah seorang santri alumni dari salah satu Pondok Pesantern di Sumtra Utara ini. Ayah saya adalah seorang petani yang memiliki hutang sebesar ± 200 juta rupiah. Saya sekarang mengajar di salah satu Pondok Pesantren di Kab. Labuhan Batu Selatan (LABUSEL). Yang Alhamdilllah saya mengajarkan pelajaran salah satu bahasa internasional yang membumi yaitu bahasa inggris. Saya seorang guru abdi yang tamatan SMA/Aliyah. Dengan hal tersebut ilmu yang saya punyai untuk mengajarkan kepada siswa sangatlah minim. Apa lagi di era zaman yang serba maju seorang guru harus mempunyai title (gelar) minimal S1.
Dengan alasan-alasan tersebutlah saya seorang guru sadar bahwa ilmu yang saya miliki masih minim dan harus di tambah. Tetapi saya sedih dengan biaya yang saya miliki belum mencukupi dan sangat minim.
Dengan inilah saya mengajak para pembaca sekalian untuk menyisihkan keapangan rezki yang dimiliki. Agar sekiranya membantu saya untuk menambah biaya kuliah saya. Dan saya berharap kepada anda untuk menginfakkah harta anda untuk orang yang semangat dalam menuntut ilmu seperti saya Insya Allah. Insya Allah harta yang anda infakkan sekalian adalah salah satu amalan jariyah (amalan yang tidak pernah putus pahalanya) hingga hari kiamat. Yang Insya Allah ini adalah salah satu jalan kepada Anda untuk menambah berat timbangan amalan kebaikan anda disisi Allah , ketika kita semua di kumpulkan oleh Allah ta’ala untuk di hitung Amalnya. Amiin…
Dan saya berharap kepada Anda sekalian untuk menginfakkan harta yang anda miliki dengan niat yang tulus ikhlas agar Allah menambah rezeki anda semua. Dan saya memohon dan berharap sekiranya saya jika di berikan infak ini salah seorang dari anda tidak mengikat saya ke lembaga atau istansi. Karena saya akan mengamalkan semua ilmu yang saya dapat kepada semua orang baik muda atau pun tua baik laki-laki ataupun wanita tanpa terkecuali.
Yang Alhamdulillah anda bisa menyalurkan dan menyisihkan harta Anda sebgai infak yang bermanfaat ke Rekkening bank BRI saya.

A/N : Dedy Yusuf
No. Rek : 5322-01-005177-53-4
Bank : Bank BRI Medan
Unit : Unit Melati Medan

Demikianlah Surat permohonan bantuan menambah biaya kuliah saya yang saya sampaikan, yang Insya Allah mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua baik saya yang dapat menambah ilmu saya dan anda yang dapat menambah rezeki anda baik harta maupun pahala. Saya sampaikan juga bahwa ini adalah bukan suatu penipuan yang banyak terjadi disekitar kita. Tapi ini Alhamdulillah benar adanya. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah menginfakkan hartanya untuk keilmuan saya. Dan saya berdoa kepada Allah semoga Anda selalu dalam lindungan Allah dan limpahan harta dan nikmat kesehatan yang sangat berhaga dari apapun. Amiin …
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Hormat Saya,


( Dedy Yusuf )

yusuf.syarif10@gmail.com Terimakasih sudah berkomentar di » Inilah Keajaiban Sedekah Tersembunyi. Jangan lupa untuk like dan share nya. Terima Kasih

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...