Saturday, January 21, 2012

Inilah Tips Tetap Sehat Di Musim Penghujan

Publish: "Saturday, January 21, 2012",

Memasuki musim hujan ini, kita sering kali melupakan pentingnya kesehatan kita. Memang kelihatannya tidak penting apabila kita masih merasa fit. Namun pada kenyataannya jika kita sudah terserang penyakit seperti pusing, flu ataupun batuk-batuk, barulah kita menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh.
Keadaan kurang fit sering kali dapat mengganggu pekerjaan ataupun waktu belajar kita. Bila tubuh kita sakit, maka kerja otak kita akan menurun dan akibatnya kita sulit berkonsentrasi. Selain itu kita diliputi rasa lemas, akibat kondisi fisik kita yang terganggu. Padahal masih banyak pekerjaan ataupun tugas yang masih menumpuk dan harus segera diselesaikan.
Cobalah mulai saat ini kita lebih menjaga kondisi tubuh kita. Berikut beberapa tips agar tetap sehat di musim hujan :
1.      Menjaga asupan gizi setiap hari.
Tubuh kita perlu mendapatkan gizi yang baik setiap harinya. Gizi yang baik dapat membantu tubuh kita menghasilkan energi dan kekebalan tubuh kita meningkat. Dengan kecukupan gizi dan kekebalan tubuh yang meningkat, maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit. Gizi yang baik tentunya dapat kita peroleh dari mengkonsumsi makan-makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, kita juga dapat mengkonsumsi vitamin ataupun suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.
2.      Jas hujan atau payung.
Sedia payung sebelum hujan, nampaknya hal ini memang telah terbukti keampuhannya sejak dahulu. Memasuki musim hujan ini, kita tidak tahu kapan dan di mana hujan akan turun. Oleh karena itu, kita harus selalu menyediakan jas hujan untuk pengguna motor atau payung lipat untuk pejalan kaki dan pengguna kendaraan roda empat. Kedua barang ini mutlak harus dibawa kemana saja kita akan beraktifitas di musim hujan ini. Hal ini dapat menghindarkan kita dari basah kuyub akibat guyuran hujan. Perlu diingat, jas hujan yang terlalu lebar dapat menggangu kita saat mengendarai sepeda motor. Jadi kita memerlukan jas hujan yang pas dan nyaman untuk kita pakai sesuai kebutuhan.
3.      Menjaga kebersihan tubuh.
Di musim hujan ini kita akan lebih sering berkontak langsung dengan air. Air ini dapat berasal dari hujan ataupun dari genangan-genangan yang ditimbulkan oleh air hujan itu sendiri. Untuk menghindari penyakit kulit yang dapat ditimbulkan akibat kontak langsung dengan air yang tentu tidak bersih, maka kita harus lebih sering cuci tangan, kaki atau muka yang terkena langsung air tersebut. Ataupun kita dapat menggunakan sabun yang mengandung antiseptic pada saat kita mandi. Hal ini berguna untuk membunuh kuman penyebab penyakit kulit seperti gatal-gatal, kutu air dan lain-lain.
4.      Membawa jaket atau sweater.
Biasanya bila memasuki musim hujan, juga disertai dengan suhu yang dingin. Untuk menghindari kita dari kedinginan atau masuk angin, kita perlu juga membawa jaket ataupun sweater yang dapat menghangatkan tubuh kita. Tentunya kita dapat memilih jaket ataupun sweater yang nyaman dan hangat untuk kita pakai.
5.      Berolahraga ringan.
Untuk menjaga tubuh kita tetap bugar, perlu sekiranya kita meluangkan waktu kita untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga ringan contohnya seperti, jogging atau sekedar jalan-jalan. Kegiatan ini juga dapat menunjang kesehatan kita. Sehingga jantung kita dapat menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Dan ini sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah kita menjadi stabil.

Di atas merupakan sedikit tips yang dapat berguna untuk kita. Semoga dapat bermanfaat, dan kita dapat selau menjaga kesehatan tubuh kita memasuki musim hujan ini. Bila kita selalu memperhatikan kesehatan kita, maka pekerjaan dan waktu belajar kita tidak terganggu. Sehingga semua pekerjaan dan tugas kita tidak terbengkalai. Selamat mencoba.

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Inilah Tips Tetap Sehat Di Musim Penghujan ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Saturday, January 21, 2012. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

0 comments:

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...