Friday, September 7, 2012

Dikala Masalah Menghimpit Dada

Publish: "Friday, September 7, 2012",

Mereka yang berorientasikan selain Allah, bertujuan selain Allah, mengutamakan dunia daripada akhirat, bertuhankan selain Allah, maka hatinya bertumpuk banyak ambisi kepentingan, ia pasti sangat bingung dan serba salah. Bandingkan dengan seorang budak yang menjadi milik penuh dari seorang majikan saja. Hidupnya pasti lebih mudah, karena ia hanya melaya...
ni satu tuan, tidak dibingungkan oleh perintah aneka majikan yang seringkali saling bertentangan.


Seberapa lapang hati seseorang berhubungan erat dengan seberapa kuat, sempurna, dan pertambahan

keyakinan tauhidnya. Allah berfirman,


Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. (Qs. Al-An'am: 125)


Menuju Allah dan sempurna didalam Agama Islam yang mengatur seluruh asppek kehidupan yang merupakan Aturan-Nya hanya dapat dicapai dengan ilmu, Tepatnya, ilmu yang diwarisi dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, bukan sembarang ilmu.


Dengannya, hati terasa sangat lapang bahkan lebih lapang dari dunia ini. Warisan kenabianlah yang membuatnya memiliki kesabaran berlipat, akhlak termulia, serta kehidupan paling tenteram. Ulama besar terdahulu Al-Hasan al-Bashri berkata :


Dulu, bila seseorang telah mencari ilmu, maka tidak lama kemudian akan terlihat pengaruhnya pada tatapan matanya, kekhusyuannya, lisannya, tangannya, shalatnya, dan kezuhudannya. Beliau juga berkata, Jika seseorang telah memperoleh satu bab dari ilmu, lalu ia mengamalkannya, maka jadilah ilmu itu lebih baik baginya dibanding dunia seisinya, andai ia memiliki dunia itu lalu ia menjadikannya untuk kepentingan akhirat. (Riwayat Darimi, keduanya dengan sanad shahih)


Dengan akhirat kehidupan dunia terasa lapang, hal ini berbeda bagi yang menginginkan dunia sebagai tujuan, merasakannya sebagai syurga, jelas tidak pada tempatnya, hatinya dilanda kekikiran, takut miskin, ayat-ayat Allah tidak akan digubrisnya karena dianggap tidak mendatangkan kebahagiaan kesenangan dunia.


Sifat duniawi yang kadang hidup diatas lalu suatu akan berganti masa saat ia berada dibawah, pergantian suasana dimana manusia kadang susah, kadang senang tidak difahaminya sama sekali, jadilah ia orang stress, depresi, salah arah dalam niatan hati maka akhirnya ia akan sangat mudah menganggap buruk segala ketentuan Allah SWT.

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Dikala Masalah Menghimpit Dada ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Friday, September 7, 2012. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

0 comments:

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...