Monday, February 6, 2012

Inilah TIps-tips supaya disenangi orang lain

Publish: "Monday, February 6, 2012",

1. Sungguh-sungguh berminat terhadap orang lain.
Cara   pertama membuat orang lain menyukai kita adalah dengan menunjukkan   minat terhadap orang lain. Berminat terhadap orang lain dapat berarti   suka bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini berkaitan erat   dengan tingkat kecerdasan sosial yang kita miliki. Semakin baik   kecerdasan sosial yang kita miliki, akan memudahkan kita untuk bergaul   dan berinteraksi dengan orang lain.

Hal   inilah nantinya yang akan membuat orang lain tersebut menyenangi diri   kita. Selain itu, kita akan mendapatkan lebih banyak kawan dalam waktu 2   bulan dengan cara menjadi tertarik pada orang lain dibandingkan dengan   yang kita peroleh dalam waktu 2 tahun dengan cara mengusahakan orang   lain tertarik pada anda.
2. Tersenyumlah
Prof. James V. Mc   Connell, seorang psikolog dari Michigan pernah berkata: "Orang yang   tersenyum, cenderung mampu mengatasi, mengajar dan menjual dengan lebih   efektif dan membesarkan anak-anak yang lebih bahagia". Pembaca yang   budiman, dengan tersenyum kepada orang yang kita jumpai, menunjukkan   bahwa kita senang berjumpa dengan dia. Senyuman yang tulus bermakna   bahwa kita sedang merasa senang. Dan rasa senang merupakan salah satu   bentuk emosi positif yang dapat kita "tularkan" kepada orang lain.   Kondisi yang menyenangkan inilah yang memungkinkan kita untuk   berinteraksi dengan lebih baik.

Nah,   bagaimana kalau pada saat itu kita tengah mendapatkan masalah?  Paksakan  diri untuk tersenyum. Latihlah diri kita untuk mampu tersenyum   bagaimanapun masalah menghimpit kita. Dengan memaksakan diri untuk   tersenyum, akan mampu mengurangi rasa kesal/marah/sedih yang timbul   karena adanya masalah.
Penulis tertarik dengan sebuah pepatah Cina   kuno yang mengatakan: "Seseorang tanpa wajah tersenyum tidak boleh   membuka toko". Apa makna dari pepatah tersebut? Ya…. Senyuman yang   diberikan oleh pelayan toko, akan membuat pembeli merasa senang untuk   belanja di toko tersebut yang pada gilirannya nanti akan menjadi   pelanggan setia. Makna yang lebih luas adalah dengan tersenyum kepada   seseorang akan membuat orang tersebut menyukai kita dan segala hal yang   berhubungan dengan kita(termasuk usaha kita).
3. Ingatlah nama seseorang
Yakinkah   pembaca bahwa rata-rata orang menaruh minat kepada namanya sendiri  dari  pada nama orang lain di dunia ini? Oleh sebab itu, agar kita  disenangi  oleh orang lain maka kita perlu menyebut nama orang tersebut  ketika  bertemu dengannya. Ingatlah dengan baik nama orang itu, dan  panggil nama  itu dengan nada yang bersahabat. Jika hal itu sudah  dilakukan, maka  berarti kita sudah memberikan pujian kepadanya.

Hati-hati,   jangan sampai salah menyebut nama seseorang, karena hal itu akan   menimbulkan rasa yang kurang enak dihati orang yang punya nama. Kita   juga tidak boleh lupa dengan nama seseorang yang pernah kita temui. Hal   ini memang sulit dilakukan. Bisa jadi karena kita jarang bertemu, atau   baru ketemu sekali dengan rentang waktu yang lama. Bisa juga disebabkan   karena kita tidak meluangkan waktu, energi dan konsentrasi untuk   mengingat nama seseorang. Oleh sebab itu, agar kita disenangi oleh orang   lain, mari kita berlatih untuk mengingat nama seseorang.  Ingatlah:"nama  mempunyai keajaiban dan merupakan milik orang itu".
4. Jadilah pendengar yang baik
Tuhan   menciptakan manusia dengan satu mulut dan dua telinga. Hal ini berarti   kita diminta untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara. Menjadi   pendengar yang baik. Orang lebih suka kepada pendengar yang baik   daripada pembicara yang baik. Menjadi pendengar yang baik merupakan   suatu keterampilan dan kemampuan yang jarang dan susah untuk dimiliki.

Dale   carnegie mengingatkan bahwa: " orang yang menjadi lawan bicara anda   seratus kali lebih tertarik dengan diri mereka, keinginan, masalah   mereka dibandingkan dengan minat mereka pada anda dan masalah anda".
Oleh   sebab itu, kita perlu mempelajari dan memiliki keterampilan menjadi   pendengar yang baik. InsyaAllah, penulis akan mencoba menulis hal   tersebut diwaktu mendatang.
5. Buat orang lain merasa penting
Cara   terakhir yang dikemukakan oleh Carnegie adalah buat seseorang merasa   dirinya penting. Apabila kita hanya mementingkan diri sendiri, sehingga   tidak mampu memberikan perhatian dan penghargaan kepada orang lain,  kita  akan menemui kegagalan.

Merasa   diri kita orang penting dan menggangap remeh orang lain bukanlah suatu   sikap yang terpuji. Hal itu akan menyebabkan kebencian terhadap diri   kita. Orang akan cenderung menjauhi kita.
6. Bicarakan minat-minat orang lain
Sebagaimana   yang telah dikemukakan diatas, bahwa orang lebih suka dan tertarik   untuk membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan dirinya. Salah   satunya adalah minat yang dimilikinya. Jika anda mengetahui bahwa orang   yang menjadi lawan bicara anda menyukai masalah politik, ajaklah dia   berbicara tentang situasi politik yang sedang berjalan.

Tunjukkan   kepadanya bahwa anda juga berminat terhadap masalah politik dengan   memberikan berbagai tanggapan. Doronglah dia untuk berbicara lebih jauh   tentang hal tersebut, sehingga menimbulkan semangat dalam diri mereka.
Adanya   semangat untuk berbicara dengan kita, serta keinginan kita untuk   membicarakan hal-hal yang menjadi minatnya itulah yang nantinya membuat   dia menyenangi kita. Dia merasa nyaman dan enak bergaul dengan kita.

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Inilah TIps-tips supaya disenangi orang lain ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Monday, February 6, 2012. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

0 comments:

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...