Thursday, January 5, 2012

Inilah Matahari Terbit di Tengah Malam

Publish: "Thursday, January 5, 2012",

Pernahkah Anda melihat matahari pada malam hari? Bukan gerhana, fenomena ini dinamakan ‘midnight sun’, yaitu fenomena terlihatnya matahari di tengah malam yang terjadi pada musim panas (summer).
Pada bulan Mei biasanya banyak turis dari berbagai negara berkunjung ke Tromso, Bodo, Hammerfest dan Nordkapp, di kawasan lingkaran kutub utara, untuk menikmati fenomena alam tersebut.
Durasi ‘midnight sun’ biasanya akan meningkat dari hari ke hari selama titik balik matahari pada musim panas di lingkaran kutub, kemudian akan mencapai 6 bulan pada kutub.
Negara-negara dekat lingkaran kutub utara, seperti: Kanada, AS, Denmark (Greenland), Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, dan Islandia, biasanya dapat melihat fenomena itu.
Bahkan di daerah Svalbard, Norwegia, Anda tidak akan bisa melihat sunrise (matahari terbit) mulai tanggal 19 April sampai tanggal 23 Agustus. Bayangkan ketika kalian bangun pagi ternyata langit masih gelap.
Sementara kebalikan dari ‘midnight sun’ disebut polar night, terjadi saat musim dingin ketika matahari tetap berada di bawah horizon (ufuk) sepanjang hari. Bahkan ekstrimnya di beberapa daerah di kutub, matahari akan terus nampak selama 6 bulan.
Untuk Anda para pelancong yang mau melihat midnight sun di Norwegia, anda bisa datang ke daerah-daerah di bawah ini:

1. Longyerbyen (Spitzbergen): Apr 20 – Aug 20
2. North Cape (Nordkapp): May 14 – July 30
3. Hammerfest: May 16 – July 27
4. Tromsø/Tromso, Hausberg: May 20 – July 22
5. Narvik, Hausberg: May 25 – July 18
6. Lofoten & Vesterålen: Late May – Mid July
7. Bodø/Bodo: July 4 – July

Penulis : Arwiesmart ~ Sebuah Blog Informasi dan Berbagai Artikel

Artikel Inilah Matahari Terbit di Tengah Malam ini dipublish oleh Arwiesmart pada hari Thursday, January 5, 2012. Semoga Informasi dan Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini.

.:: P a s a n g I k l a n ::.

0 comments:

Post a Comment

Untuk para sahabat yang ingin penghasilan halal dan modal Punya Handphone & bisa ber-sms (program ini tidak memotong pulsa dan tidak mengharuskan transfer uang). Silakan bergabung bersama saya. Klik

Bisnis online termudah, Bahkan jika Anda seorang yang awam sekalipun, Anda pasti bisa menjalankan bisnis ini. "Bukan member get member". http://www.idsurvei.com/survei/arwiesmart/ .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...